Departments

Learn more about our departments

Tips Menjaga Imun Tubuh di Masa Pandemi

Tips Menjaga Imun Tubuh di Masa Pandemi

Menerapkan dan menjaga praktek 5M dengan baik dan benar memang merupakan sebuah keharusan di masa pandemi ini, tetapi semua itu kurang efektif apabila tidak dibarengi dengan pembentukan sistem imun tubuh yang baik.

Pada dasarnya, praktek 5M itu diterapkan sebagai benteng pertama perlindungan tubuh kita agar tidak tertular Covid-19. Hal yang lebih utama sebenarnya adalah bagaimana kita menjaga benteng kedua perlindungan / sistem imun tubuh kita, karena jika benteng pertama sudah tertembus, sistem imun adalah yang berperan sebagai benteng kedua dan benteng terakhir yang menentukan apakah gejala Covid-19 yang kita alami akan ringan atau malah sebaliknya.

Untuk itu, Impero Medika telah menyediakan beberapa tips menjaga imun tubuh di masa pandemi Covid-19 yang sangat simpel dan juga akan sangat bermanfaat untuk kamu, terutama bagi kamu yang memiliki agenda kegiatan padat.

Tips 1: Makan Teratur bagi yang Berkegiatan Padat

Menentukan pola makan yang teratur mungkin merupakan suatu hal yang sulit dilakukan bagi beberapa orang dikarenakan padatnya jadwal kegiatan, namun hal yang sebenarnya menyulitkan adalah memasak dan mengkonsumsi makanan yang berat untuk jam-jam tertentu.

Sebagai contoh, mungkin makan pagi dan makan malam merupakan suatu hal yang sulit dilakukan bagi kamu yang memiliki kegiatan kantor padat hingga tidak sempat menyiapkan sarapan karena mengejar jam masuk kantor, atau tidak sempat makan malam dikarenakan lembur atau sudah terlalu lelah untuk membuat atau membeli makan malam.

Solusi mudahnya sebenarnya adalah dengan selalu menyediakan ‘makanan darurat’ di tas kamu.’Makanan darurat’ yang dimaksud bisa berupa roti jenis apapun dan juga ready-to-eat meal atau makanan yang bisa dimakan cukup dengan memasukannya ke dalam microwave, jika di tempat kegiatan kamu terdapat microwave.

Kedua jenis makanan di atas bisa dibeli kapan saja waktu kamu senggang dan juga tidak memerlukan proses yang akan menghambat kegiatan kamu, karena kamu dapat mengkonsumsinya sambil bekerja atau menunggu sebentar agar makanan matang sendiri.

Intinya adalah, di masa pandemi seperti sekarang ini, makan 3 kali sehari adalah hal yang wajib dilakukan, apapun itu makanannya.

Mengapa? Karena dengan makan rutin 3 kali sehari berarti kita menjaga kesehatan imun kita dengan terus menerus memberikan suplai dan asupan nutrisi untuk sistem imun agar dapat terus bertahan melawan Covid-19, jika virus memang masuk ke dalam tubuh kita.

Tips 2: Rajin Konsumsi Suplemen Vitamin C

Dilansir dari National Institute of Health USA, terdapat beberapa manfaat dari rajin memenuhi kebutuhan harian vitamin C, salah satunya adalah menambah imunitas sel tubuh terhadap Covid-19 dan mengurangi efek dari infeksi serius.

Dikarenakan Covid-19 adalah virus yang terhitung sangat baru, sistem imun dari manusia sangat asing terhadap virus ini, jadi jika tubuh terinfeksi, sistem imun mungkin akan bingung bagaimana cara merespon virus ini dan akan memerlukan pembiasaan terlebih dahulu untuk berusaha menyingkirkan virus ini, kecuali jika kamu sudah melakukan vaksin.

Dengan rajin memenuhi kebutuhan vitamin C harian kamu, berarti kamu sudah menambah imunitas sel tubuh kamu dan juga mengurangi dampak negatif dari infeksi serius yang dapat disebabkan Covid-19, yang mana merupakan virus yang benar-benar asing untuk sistem imun kamu.

Kebutuhan vitamin C harian dari tiap individu berbeda-beda:

  1. Untuk pria dewasa, kebutuhan vitamin C harian adalah 90mg.
  2. Untuk wanita dewasa, kebutuhan vitamin C harian adalah 75mg.
  3. Kebutuhan vitamin C harian untuk wanita dewasa yang sedang menyusui semakin tinggi lagi di angka 120mg.

Sebagai skala, rata-rata suplemen vitamin C yang dijual di pasaran menawarkan kandungan vitamin C yang beragam mulai dari 150mg hingga 1000mg.

Hanya saja, suplemen vitamin C yang sangat disarankan untuk dikonsumsi terutama bagi kamu yang memiliki agenda padat dan sulit mendapatkan asupan nutrisi teratur, adalah Zegavit.

Dilansir dari Halodoc, selain memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, satu kaplet Zegavit setara dengan vitamin dan mineral lain yang biasa didapatkan dari makanan sehari-hari, yang mana berguna untuk mencegah defisiensi gizi secara relatif.

Dengan kata lain, Zegavit bisa menjadi sebuah alternatif untuk menjaga sistem imun kamu, jika masih dirasa sulit untuk makan dengan pola teratur.

Hanya saja, bukan berarti Zegavit kemudian bisa dijadikan pengganti utama asupan makanan karena Zegavit hanya merupakan sebuah sistem pendukung untuk menyuplai nutrisi dan menjaga sistem imun kamu.

Tips 3: Rajin Konsumsi Buah-Buahan

Mengkonsumsi buah-buahan mungkin adalah sebuah alternatif pemenuhan nutrisi lain yang jauh lebih mudah untuk dilakukan bagi kamu yang berkegiatan padat.

Buah-buahan seperti apel, jeruk, atau pisang adalah beberapa contoh buah-buahan yang mudah dibawa kemana saja, bisa dimakan di mana saja tanpa perlu repot, serta memiliki banyak manfaat.

Ketiga buah tersebut mengandung vitamin C yang dapat membantu menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh, meskipun jeruk merupakan buah yang paling banyak kadar vitamin C nya.

Satu buah jeruk mengandung setidaknya 50mg vitamin C, di mana jumlah itu sebenarnya sudah menutupi lebih dari separuh kebutuhan vitamin C harian pria dan wanita dewasa.

Tidak hanya itu, jeruk juga kaya akan serat, vitamin lain, dan energi karena terdapat kandungan karbohidrat, glukosa, dan air juga di dalamnya.

Meskipun apel dan pisang memiliki kadar vitamin C yang jauh lebih rendah dibanding jeruk, kedua buah tersebut tetap memiliki kandungan vitamin C yang akan bermanfaat membantu menjaga kesehatan dan sistem imun tubuh, jadi tidak ada salahnya juga mengkonsumsi kedua buah tersebut.

Manfaat lain dari apel dan pisang adalah kedua buah tersebut merupakan sebuah sumber serat yang sangat baik, yang mana bermanfaat untuk membantu melancarkan buang air besar.

Meski jika dibandingkan antara suplemen vitamin C seperti Zegavit dengan buah-buahan kandungan vitamin dalam buah-buahan tertinggal jauh, poin inti yang ingin disampaikan adalah akan lebih baik lagi jika kamu mengkonsumsi dua-duanya, karena ini bukan soal mana yang lebih baik tapi soal apa yang terbaik dan bermanfaat untuk membantu menjaga sistem imun kamu.

Penting Diingat!

Meskipun yang paling utama adalah menjaga kesehatan sistem imun kita terlebih dahulu, praktek 5M seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dll. juga sama pentingnya untuk diterapkan, karena jika salah satu tidak diterapkan dengan baik, kamu tetap dapat tertular Covid-19.

Jika kamu sekarang sedang mencari masker yang tidak bikin sakit di telinga tapi juga bisa memberi kamu perlindungan ekstra dari virus di udara / aerosols, kamu bisa hubungi tim sales kami di bawah. Kami juga menyediakan beberapa alat perlindungan lain yang bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan tim kami. 

Kontak kami:

Head office: Grand Slipi Tower Lt. 5 Unit F JL. Letjend S. Parman Kav. 22-24 Rt. 001 Rw. 004. Palmerah, Jakarta Barat

Email: sales@imperomedika.com 

Phone/WhatsApp: 0811-1099-009 / 0857-7646-9206

Share this post