Departments

Learn more about our departments

Apa Itu Sarung Tangan Nitril?

Sarung tangan nitril adalah sarung tangan medis berbahan dasar karet sintetis ‘nitril’, dan merupakan alternatif dari sarung tangan biasa berbahan dasar karet / lateks. Sarung tangan nitril umumnya berwarna biru dan juga jauh lebih kuat dibanding sarung tangan lateks. Tidak hanya bisa digunakan sebagai sarung tangan medis, sarung tangan nitril juga biasa digunakan sebagai alat pelindung dari zat kimia keras.

Alasan mengapa sarung tangan nitril dijadikan alternatif dari sarung tangan lateks adalah karena banyaknya pengguna sarung tangan lateks yang mengeluhkan kenyamanan dan kualitas pemakaiannya.

Beberapa keluhan dari pengguna sarung tangan lateks ialah, kerap menimbulkan iritasi di tangan karena bahan karet/lateks murninya, dan juga lengket ketika dikenakan terlalu lama karena bubuk pada sarung tangan lateks bercampur dengan keringat.

Jika anda perhatikan, sarung tangan lateks umumnya berbubuk–dan terkadang sangat banyak. Bubuk tersebut adalah tepung jagung, di mana tepung ini digunakan agar sarung tangan lateks tidak saling menempel di dalam box pembungkusnya. 

lateks/karet adalah bahan alami yang bisa melekat satu sama lainnya apabila terekspos suhu yang panas. Sehingga peran tepung jagung di sini adalah untuk menyerap partikel lateks agar sarung tangan tidak saling melekat dalam box wadahnya ketika tidak sengaja terekspos sinar matahari atau suhu panas lainnya.

Apa Perbedaan Umum Sarung Tangan Nitril dan Lateks Biasa?

Sarung tangan nitril biasanya berwarna biru sedangkan sarung tangan lateks berwarna putih transparan.

Umumnya, sarung tangan nitril juga tidak berbubuk seperti sarung tangan lateks dikarenakan bahan utama yang digunakan, yaitu nitril. Nitril adalah karet sintetis non-lateks yang terbuat dari campuran bahan alternatif seperti acrylonitrile dan butadiene. Kedua bahan tersebut adalah bahan yang juga digunakan dalam pembuatan plastik. 

Karena tidak mengandung lateks, sarung tangan nitril tidak perlu ditambahi bubuk karena tidak akan melekat satu sama lainnya dalam box wadah ketika terekspos panas dari sinar matahari. Hal ini juga karena campuran acrylonitrile dan butadiene dalam pembuatan nitril memiliki ketahanan terhadap suhu tinggi lebih baik dibanding lateks biasa.

Campuran dari kedua bahan tersebut juga membuat sarung tangan nitril 2x lebih kuat dibanding sarung tangan lateks biasa. Selain lebih tahan panas, sarung tangan nitril lebih tahan dari benda tajam, bahan kimia keras, dan juga patogen seperti virus dan bakteri. Itulah mengapa, sarung tangan nitril tidak hanya efektif untuk dijadikan alternatif sarung tangan medis tetapi juga sarung tangan pelindung dari bahan kimia berbahaya, di mana sarung tangan lateks kurang dapat memberikan perlindungan.

Mengapa Sarung Tangan Nitril Berwarna Biru?

Jawabannya simpel, agar sarung tangan nitril dapat dibedakan dengan sarung tangan lateks biasa. Dilansir dari Hourglass International, bahkan warna sarung tangan nitril sekarang tidak terbatas hanya biru saja tetapi bisa merah, orange, abu-abu, hingga pink.

Sarung tangan lateks mendapatkan warna putih alami dari bahan dasarnya, karet / lateks. Sedangkan sarung tangan nitril yang berbahan dasar karet sintetis, dapat diwarnai sesuai permintaan pasar.

Warna merah dan abu-abu untuk sarung tangan nitril contohnya umum digunakan di laboratorium. Selain untuk membedakan dengan warna sarung tangan latex biasa, laboran kerap menggunakan sarung tangan nitril berwarna merah dan abu-abu agar semisal ada lubang di sarung tangan, lubang tersebut dapat terlihat dengan jelas sehingga menghindari terjadi kebocoran / kecelakaan kerja.

Satu hal yang disayangkan dari kebanyakan sarung tangan nitril adalah harganya cenderung lebih mahal dibanding sarung tangan lateks biasa.  Semakin kesini, harga sarung tangan nitril semakin mendekati harga sarung tangan lateks biasa agar produk tetap kompetitifPe. Impero Medika menyediakan jasa suplai sarung tangan nitril dengan harga yang kompetitif dalam partai besar maupun kecil untuk pemakaian pribadi maupun instansi kesehatan.

Tidak hanya sarung tangan nitril, kami juga menyediakan berbagai macam sarung tangan berbahan dasar lateks dan lateks premium untuk baju APD maupun non-APD. Untuk melakukan pemesanan / konsultasi, silahkan hubungi kontak di bawah:

Alamat: GD. Grand Slipi Tower Lt. 5 Unit F JL. Letjend S. Parman Kav. 22-24 Rt. 001 Rw. 004. Palmerah, Jakarta Barat

Telp / WA:

Email: sales@imperomedika.com

 

Read more...

4 Keluhan dari Layanan Telemedicine Kemenkes

Menteri kesehatan Budi Sadikin menggandeng 11 aplikasi penyedia layanan telemedicine Kemenkes untuk membebaskan biaya obat dan konsultasi dokter bagi pasien Covid-19 yang isolasi mandiri di rumah untuk menanggapi tingginya angka penularan Covid-19 di Indonesia.

Hingga 9 Juli 2021, grafik penularan Covid-19 di Indonesia belum menunjukkan tanda-tanda akan menurun; malah sebaliknya, grafik penularan semakin menggunung tinggi, dengan angka penularan yang mencapai 38.000 kasus per harinya.

Program layanan telemedicine gratis Kemenkes ini seharusnya sudah mulai beroperasi per 6 Juli 2021; hanya saja, layanan tersebut masih dalam tahap pengembangan sehingga menimbulkan banyaknya keluhan dari pengguna. Berikut keluhannya dilansir dari metrotvnews:

1. Obat Covid-19 Halodoc Belum Gratis

Jika anda periksa di menu “Pesan Obat” di kolom “Peduli Covid”, obat-obat yang ditawarkan masih mengharuskan anda untuk membayar. Sebagai contoh: “Paket Isolasi Mandiri Gold – Paket Sehat” yang seharusnya gratis, mengharuskan anda untuk membayar sebesar Rp 398.100,00 untuk melakukan penebusan obat.

“Paket Isolasi Mandiri Gold – Paket Sehat” sendiri berisi Multivitamin + Zinc Zegavit dan Vitamin D3 5000 IU.

Kemudian setelah anda melakukan konsultasi dengan dokter, kemudian dokter meresepkan beberapa obat untuk meringankan gejala Covid-19 anda, obat-obat yang diresepkan oleh dokter juga masih banyak yang memerlukan biaya penebusan. Kedepannya setelah program layanan telemedicine gratis berjalan dengan baik, diharapkan obat dapat diakses secara gratis oleh pengguna.

Hal yang patut diacungi jempol dari layanan telemedicine Halodoc adalah terdapat kolom khusus bagi penderita Covid-19 yang sedang isolasi mandiri di rumah bernama “Peduli Covid”. Di situ, tersedia banyak menu yang bisa anda pilih seperti “Konsultasi”, “Pesan Obat”, “Informasi Covid-19”, dan “Cek Mandiri Covid-19”.

2. Layanan Konsultasi Online di Klikdokter Selalu Sibuk dan Belum Gratis

Di layanan telemedicine Isoman Center KlikDokter, sering didapati masalah konsultasi online dengan dokter tidak dapat diakses karena sibuk. Hal ini disebabkan karena banyaknya demand dan trafik untuk konsultasi online dengan dokter yang kemudian menyebabkan server down.

Solusinya adalah dengan memberikan jeda beberapa saat lalu mencoba layanan konsultasi lagi.

Aplikasi KlikDokter sayangnya masih mengharuskan anda untuk membayar biaya konsultasi online dengan dokter. Namun ini karena memang program telemedicine Kemenkes ini masih dalam tahap pengembangan dan kedepannya diharapkan layanan telemedicine yang diberikan akan gratis.

3. Layanan Telemedicine ProSehat dan Alodokter Belum Tersedia Menu Khusus Penderita Covid-19 yang Jelas

Di layanan telemedicine ProSehat belum tersedia pilihan menu apapun yang menunjang kebutuhan pasien positif Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri di rumah.

Layanan datang ke rumah yang disediakan baru berupa “Perawatan Bayi”, “Imunisasi Anak”, “Layanan Fisioterapi”, “Vaksinasi Dewasa” yang belum menyediakan vaksinasi untuk Covid-19, “Cek Lab”, dan lain-lain.

Untuk layanan telemedicine Alodokter, terdapat keluhan dari pengguna bahwa tidak ada pilihan untuk mengakses obat gratis seperti yang ditawarkan. Lagi, hal ini disebabkan karena program telemedicine yang dicanangkan oleh Kemenkes masih terus menerus dalam proses pengembangan.

4. Layanan Telemedicine Link Sehat Kerap Mengalami Gangguan

Terdapat beberapa keluhan mengenai user interface Link Sehat yang membingungkan seperti rumitnya proses konsultasi dengan dokter, proses pembuatan profil, dan banyaknya bug yang berada dalam aplikasi yang juga mengganggu kelancaran proses konsultasi dengan dokter.

Beberapa pengguna juga melaporkan kesulitan mendapatkan kode verifikasi SMS karena harus menggunakan nomor telepon dahulu sebelum bisa mengakses layanan telemedicine Link Sehat.

Hal yang perlu diingat adalah layanan telemedicine gratis ini ditujukan bagi penderita Covid-19 tanpa gejala / tidak membutuhkan bantuan darurat dari instansi kesehatan, sehingga aman untuk melakukan isolasi mandiri di rumah.

Namun hal itu tidak menutup kemungkinan bahwa mereka tetap bisa menularkan virus tersebut kepada anda jika anda terlibat erat secara fisik untuk membantu proses pemulihan mereka.

Jadi bagi anda yang saat ini sedang membantu kerabat atau teman isolasi mandiri di rumah karena Covid-19 dan belum memiliki persiapan alat perlindungan diri, Impero Medika menyediakan berbagai macam baju APD, face shield, masker 3ply, dan latex gloves berkualitas dengan harga yang kompetitif. Untuk melakukan pemesanan/konsultasi silahkan hubungi kontak di bawah:

Head Office :
Grand Slipi Tower Lt. 5 Unit F JL. Letjend S. Parman Kav. 22-24 Rt. 001 Rw. 004. Palmerah, Jakarta Barat

WA/Telp :
(0811-9213-989)
(0811-9121-398)
(0857-7646-9206)

Email :
sales@imperomedika.com

Read more...

Inilah Perbedaan Antara Sarung Tangan Latex dan Nitrile yang Biasa Dikenakan oleh Perawat

Perbedaan Sarung Tangan Latex dan Nitrile, Mana yang Paling Baik?

Jika anda perhatikan di rumah sakit atau klinik, baik dokter maupun perawat terkadang terlihat sering menggunakan sarung tangan untuk aktivitas pekerjaan mereka. Hal ini dikarenakan sarung tangan merupakan salah satu peralatan yang wajib dimiliki, terutama bagi mereka yang sangat sering beraktivitas dan akrab dengan dunia medis. Banyak manfaat yang bisa didapat jika kita sering menggunakan sarung tangan. Selain menjaga dari noda, virus maupun bakteri, sarung tangan juga dapat menghindarkan tangan dari zat-zat kimia yang berbahaya. 

Umumnya terdapat tiga jenis sarung tangan paling populer di dunia, yaitu sarung tangan nitrile, latex, dan vinyl. Namun, banyak orang terkadang masih bingung harus membeli produk sarung tangan yang mana, apakah sarung tangan latex atau nitrile. Nah, untuk memandu kamu menemukan sarung tangan yang sesuai dengan kebutuhan kamu, pada artikel ini akan dibahas mengenai perbedaan sarung tangan latex dan nitrile.

1. Sarung Tangan Latex

Nah seperti namanya, jenis sarung tangan ini tentunya terbuat dari karet latex (karet alam yang berasal dari pohon karet). Berbeda dengan jenis sarung tangan nitrile, sarung tangan ini umumnya menggunakan bahan alami sehingga kualitasnya pun tentunya lebih premium. Sebagai informasi tambahan, sarung tangan ini ternyata lebih banyak digunakan dalam bidang industri dan medis. Lalu, sarung tangan ini juga memiliki lapisan yang kuat, solid, fleksibel dan juga anti-slip. Hingga saat ini, latex masih tetap menjabat sebagai sarung tangan yang paling elastis, karena pas dan dapat menyesuaikan dengan bentuk tangan. 

Sayangnya banyak orang harus mencari alternatif lain untuk intensitas penggunaan sarung tangan latex yang tinggi karena sarung tangan ini dapat menyebabkan reaksi alergi. Hal ini disebabkan karena bahan dasarnya itu sendiri, yakni karet alam. Biasanya, bentuk alerginya bisa menyebabkan gatal ringan hingga berat. Kabar baiknya, jika Anda tidak mengalami reaksi alergi sedikitpun saat menggunakan sarung tangan ini, maka sarung tangan ini merupakan pilihan yang paling tepat dan berkualitas.

Selain itu kekurangan lainnya dari sarung tangan ini adalah ketahanannya terhadap bahan kimia dan objek tajam yang masih kurang dapat diandalkan apabila dibandingkan dengan sarung tangan nitrile. Lebih lanjut, terdapat fitur tambahan pada sarung tangan ini, yakni adanya powder (bedak) yang diperuntukan agar memudahkan penggunanya untuk memakai dan melepaskan sarung tangan ini. 

Berikut beberapa karakteristik dari sarung tangan latex:

  • Sangat rapat, sehingga terasa seperti lapisan kulit kedua.
  • Sensitivitas jari jemari tidak akan terganggu.
  • Sangat bagus untuk penggunaan jangka panjang.
  • Sangat elastis dan kuat.
  • Bisa diuraikan / biodegradable.

2. Sarung Tangan Nitrile

Nah, berbeda dengan sarung tangan yang sebelumnya, sarung tangan nitrile ini terbuat dari bahan karet sintetis. Biasanya sarung tangan ini merupakan alternatif terbaik bagi pengguna yang mengalami alergi saat menggunakan sarung tangan latex. Dibanding dengan jenis sarung tangan lainnya, sarung tangan nitrile merupakan yang paling tahan akan kebocoran. Karena fitur tersebut, biasanya sarung tangan ini digunakan untuk keperluan medis. Selain untuk keperluan medis, sarung tangan ini juga sering digunakan untuk keperluan bisnis kuliner maupun industri.

Lebih lanjut, sarung tangan ini memiliki tekstur pada bagian jari-jarinya. Jenis ini sangat cocok untuk penggunaan aktivitas di lab maupun pabrik yang tujuannya supaya tidak licin ketika memegang objek seperti tabung reaksi dan lain sebagainya. Berbeda dengan latex, sarung tangan nitrile ini merupakan sarung tangan yang powder free, artinya di dalam sarung tangan tidak terdapat bubuk seperti bedak, jadi benar-benar steril.

Adapaun keuntungan pertama pada sarung tangan ini adalah bahwa nitrile ini latex free, sehingga tidak menimbulkan alergi. Keuntungan selanjutnya sarung tangan ini memberikan perlindungan lebih baik terhadap bahan-bahan kimia dan biohazard. Selain itu, sarung tangan ini memiliki tiga kali lebih tahan terhadap objek tajam dan tidak mudah sobek. Lebih lanjut, sarung tangan ini memiliki daya tahan simpan yang lebih lama. Namun, kekurangannya dari sarung tangan ini adalah tidak biodagredable

Berikut beberapa karakteristik dari sarung tangan nitrile:

  • Merupakan jenis sarung tangan paling anti bocor, sehingga cocok bagi kamu yang sering menyentuh bahan-bahan kimia.
  • Memiliki sensitivitas tingkat tinggi.
  • Sangat erat, sehingga jari jemari bisa dengan luwes bergerak.
  • Sangat bagus untuk penggunaan jangka panjang.
  • Tahan terhadap zat-zat kimia.
  • Memiliki dua lapisan yaitu hitam dan biru, jika mulai robek, maka lapisan biru akan kelihatan.

Okee, tentunya sekarang kamu sudah lebih memahami dong ya mengenai perbedaan antara kedua sarung tangan tersebut. Nah, jika kamu memiliki kebutuhan dan keperluan akan sarung tangan tersebut untuk membantu memutus rantai penyebaran Covid-19, kamu bisa langsung nih pesan sarung tangan latex maupun nitrile di Impero Medika. Gimana sih caranya? caranya mudah banget, kamu bisa berkonsultasi lebih lanjut dengan langsung menghubungi tim sales Impero Medika yang kontaknya sudah tertera di bawah atau kamu bisa juga nih langsung datangi kantor Impero Medika.

Head Office :

Grand Slipi Tower Lt. 5 Unit F JL. Letjend S. Parman Kav. 22-24 Rt. 001 Rw. 004. Palmerah, Jakarta Barat

WA/Telp :

0812-9821-398

0857 -7646-9206

Email :

sales@imperomedika.com

Read more...

Perlu Anda Ketahui Inilah Kegunaan Sarung Tangan Nitrile

Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) hingga saat ini masih menjadi ancaman kesehatan bagi seluruh elemen masyarakat. Alhasil berbagai upaya dilakukan oleh masyarakat untuk menanggulangi penyebaran virus Corona. Salah satunya, yakni dengan menggunakan alat pelindung diri seperti sarung tangan saat melakukan berbagai macam aktivitas di dalam maupun luar ruangan. Sejak awal virus corona singgah di Indonesia pada awal Maret lalu hingga sekarang, penggunaan sarung tangan makin merajalela dan masif di kalangan masyarakat. 

Dapat kita ketahui pula bahwa, potensi penularan utama Covid-19 memang umumnya terjadi lewat droplet atau tetesan air liur seseorang yang terinfeksi Covid-19 kepada kita, ketika mereka bersin, batuk, atau bahkan ketika mereka sedang berbicara. Oleh karena itu, kita disarankan untuk memakai alat pelindung diri (APD) saat beraktivitas di luar ruangan, salah satunya penggunaan sarung tangan. 

Alat Pelindung Diri (APD) adalah peralatan yang digunakan sebagai bagian dari upaya proteksi diri dari paparan virus maupun bakteri, khususnya bagi setiap orang yang beraktivitas langsung di luar rumah. Peralatan standar APD diantaranya meliputi gloves (sarung tangan), face mask (masker kain maupun medis), dan lain sebagainya. 

Namun, virus corona jenis baru yang muncul belum lama ini juga bisa bertahan di permukaan benda dan hal ini berpotensi menyebabkan kontaminasi pada benda-benda yang ada di sekitar kita. Banyak orang yang mengenakan sarung tangan untuk menghindari kontaminasi virus dari permukaan benda-benda yang ada di tempat umum, khususnya saat beraktivitas di luar ruangan. 

Kenapa harus memakai sarung tangan?

Perlu kamu ketahui bahwa dalam pemilihan sarung tangan untuk keperluan perlindungan diri, hal utama yang perlu dipertimbangkan adalah keringanan dan kenyamanan saat dikenakan. Sebagai contoh apabila sarung tangan terlalu besar ukurannya dengan tangan kita, maka bukan tidak mungkin akan mengganggu presisi saat dikenakan dalam melakukan aktivitas atau bekerja, seperti sering terlepas atau kendur, bahkan sampai terlepas dengan sendirinya. Selain itu, sarung tangan juga harus digunakan secara sepasang, dan sebaiknya memilih ukuran yang panjangnya dapat menutupi pergelangan tangan.

Impero Medika sebagai salah satu penyedia sarung tangan terbaik

Dalam menghadapi corona virus seperti saat ini, ketersediaan alat pelindung diri (APD) seperti sarung tangan, tentunya sangat diperlukan oleh tenaga medis. Banyaknya orang yang terpapar virus Corona menjadikan alat pelindung diri (APD) sebagai kebutuhan utama tenaga medis dalam merawat pasien. Penggunaan alat-alat kesehatan tentunya sangat dibutuhkan oleh sebagian besar Rumah Sakit, terutama pada masa pandemic seperti saat ini.

Sarung tangan nitrile contohnya, produk sarung tangan ini mampu melindungi penggunanya dari paparan virus maupun bakteri. Sarung tangan ini umumnya digunakan saat beraktivitas di laboratorium yang berkaitan dengan sterilisasi maupun riset/penelitian. Bagi kamu yang alergi terhadap latex (karet alami dari getah pohon) yang biasanya menimbulkan rasa gatal, sarung tangan ini merupakan pilihan yang tepat karena tidak menimbulkan alergi. 

Sarung tangan nitrile tidak mengandung powder (powder free), oleh karena itu cocok digunakan di laboratorium untuk kegiatan uji lab dan sebagainya karena pada sarung tangan tersebut tidak mengandung powder dimana hal ini dapat mencegah terkontaminasinya suatu sampel lab yang sedang diteliti. Adapun spesifikasi dan keunggulan dari sarung tangan nitrile ini sebagai berikut:

Spesifikasi sarung tangan nitrile

  • Non steril (tidak steril).
  • Kemasan box isi 100 buah sarung tangan / 50 pasang.
  • Tanpa powder / bedak.
  • Tersedia ukuran XS, S, M, L, dan XL dengan harga yang sama.

Keunggulan sarung tangan nitrile

  • Terbuat dari bahan sintetis nitrile.
  • Sifat nitrile lebih tahan terhadap bahan kimia seperti asam dibandingkan latex.
  • Tidak menimbulkan alergi. 
  • Tidak mengandung powder (non powder) sehingga aman untuk penggunaan di laboratorium tanpa khawatir bedaknya mencemari sampel.

Jika kamu memiliki kebutuhan dan keperluan APD, seperti sarung tangan nitrile  yang berkualitas untuk membantu memutus penyebaran Covid-19, dan memberikannya kepada orang yang tepat, di sini Impero Medika yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produksi alat-alat kesehatan, menyediakan berbagai macam alat pelindung diri termasuk beberapa jenis sarung tangan. Produk-produk kami tentunya sudah menggunakan bahan yang terbaik dan telah terdaftar resmi oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (KEMENKES RI), serta memiliki surat keterangan dari Kementrian Perindustrian Republik Indonesia dalam memproduksi alat Kesehatan.

Head Office :

Grand Slipi Tower Lt. 5 Unit F JL. Letjend S. Parman Kav. 22-24 Rt. 001 Rw. 004. Palmerah, Jakarta Barat

WA/Telp :

0812-9821-398

0857 -7646-9206

Email :

sales@imperomedika.com

Read more...

Bahan Baju Hazmat yang Bisa Dicuci, Memangnya Ada?

Dapat kita ketahui bahwa baju hazmat (hazardous materials atau bahan-bahan berbahaya), atau pakaian dekontaminasi, merupakan perlengkapan perlindungan pribadi yang terdiri dari bahan yang impermeabel dan digunakan untuk proteksi melawan material berbahaya. Baju hazmat ini biasanya digunakan oleh teknisi medis darurat, paramedis, peneliti, petugas yang bereaksi atas kebocoran material berbahaya, tenaga ahli yang membersihkan daerah terkontaminasi, dan pekerja di lingkungan yang beracun. Baju hazmat pada masa pandemi ini menjadi salah satu kebutuhan wajib bagi para tenaga kesehatan yang digunakan untuk melindungi mereka agar tidak terinfeksi virus corona saat bersentuhan dengan pasien yang terinfeksi.

Bagaimana baju hazmat dapat melindungi tubuh para penggunanya?

Baju hazmat didesain agar kedap dari berbagai macam kontaminasi, sehingga zat berbahaya tidak akan mengenai kulit penggunanya. Baju hazmat dibuat dari plastik, kain, dan karet khusus. Ada juga yang dilengkapi sumber oksigen. 

Pakaian ini digunakan di atas pakaian normal, kemudian dipastikan rapat dan tidak ada celah sedikit pun. Bagian pergelangan tangan, kaki, leher, dan pinggang benar-benar ditutup. Adapun di Amerika Serikat, baju hazmat terdiri dari empat jenis baju yang berbeda, mulai dari level A sampai D. 

Baju Hazmat Level A

Baju hazmat level A ini memiliki perlindungan paling tinggi. Baju ini dapat melindungi para pemakainya dari uap, gas, kabut, bahkan partikel berbahaya. Baju hazmat level A ini juga menggabungkan alat bantu pernapasan dan radio dua arah. Oleh karena itu, baju hazmat level ini digunakan untuk lingkungan dengan kondisi yang sangat berbahaya.

Baju Hazmat Level B

Selanjutnya terdapat baju hazmat level B yang memiliki perlindungan dari bahan kimia dilengkapi sarung tangan yang juga memberikan perlindungan dari cairan, namun tidak kedap udara. Tetapi, baju ini dilengkapi juga dengan peralatan pernapasan. Pakaian ini digunakan untuk tingkat perlindungan yang lebih rendah.

Baju Hazmat Level C

Kemudian baju hazmat level C yang memiliki bahan yang sama dengan baju hazmat level B, tetapi bisa dipakai dengan peralatan perlindungan pernapasan tambahan. Biasanya baju hazmat level ini digunakan petugas untuk mendekontaminasi atau menghilangkan kotoran dari pasien atau korban.

Baju Hazmat Level D

Sedangkan baju hazmat level D tidak berbeda jauh dari level C, yang tetap bisa melindungi tubuh tetapi tidak memiliki perlindungan dari paparan kimia. Sehingga biasanya petugas yang memakainya harus menggunakan sepatu dan penutup wajah khusus sebagai pelengkap. 

Namun, tahukah kamu bahwa terdapat baju hazmat yang dapat dicuci untuk digunakan kembali. Baju hazmat tersebut dapat digunakan ulang atau tidak sekali pakai. Hazmat washable tersebut dapat digunakan atau dicuci beberapa kali. 

Bahan baju hazmat yang digunakan tersebut dibuat dari bahan woven polyester, karena terbuat dari bahan woven, baju hazmat tersebut dapat dicuci dan digunakan kembali atau washable dan reusable.

Adapun Kelebihan dari bahan baju hazmat yang berbahan woven polyester, antara lain:

  1. Tahan lama

Bahan woven polyester lebih awet jika dibandingkan jenis bahan lainnya, sehingga masa pakainya jauh lebih lama. Tanpa menurunkan kondisi serat atau kualitas bahan polyester secara keseluruhan.

  1. Hidrofobik

Woven polyester bersifat hidrofobik dan cepat kering. Meskipun terkena air atau hujan sekali pun, pakaian berbahan polyester akan mudah dikeringkan. Dengan kemampuan ini, Anda dapat menggunakan baju hazmat berbahan polyester untuk pakaian khusus berbagai macam kegiatan yang repetitif.

  1. Tidak mudah berkerut

Bahan woven polyester jarang mengalami kerutan, walaupun digunakan berkali-kali. Dengan kemampuannya ini, bahan polyester tidak terlihat kucel saat sering digunakan. Oleh karena itu, bahan polyester menjadi pilihan favorit untuk dijadikan bahan baju hazmat. 

  1. Dapat menahan panas tubuh

Woven polyester memiliki serat yang kuat, sehingga pakaian dengan bahan ini akan menahan panas dari tubuh. Dengan kemampuan menyimpan panas, bahan polyester sering digunakan untuk membuat pakaian khusus seperti baju hazmat.

Jika kamu memiliki kebutuhan dan keperluan terkait APD, seperti baju hazmat yang bisa dicuci berkualitas untuk membantu memutus penyebaran COVID-19, dan memberikannya kepada orang yang tepat, di sini Impero Medika yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produksi alat-alat kesehatan, menyediakan berbagai macam alat pelindung diri termasuk beberapa jenis sarung tangan. 

Produk-produk kami tentunya sudah menggunakan bahan yang terbaik dan telah terdaftar resmi oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (KEMENKES RI), serta memiliki surat keterangan dari Kementrian Perindustrian Republik Indonesia dalam memproduksi alat Kesehatan.

Head Office :

Grand Slipi Tower Lt. 5 Unit F JL. Letjend S. Parman Kav. 22-24 Rt. 001 Rw. 004. Palmerah, Jakarta Barat

WA/Telp :

0812-9821-398

0857 -7646-9206

Email :

sales@imperomedika.com

Read more...

Seperti Apasih Baju APD Standar WHO Itu?

Wabah Covid-19 saat ini telah menyebabkan lebih dari 131 juta kasus dan lebih dari 2,8 juta orang meninggal dunia, termasuk para tenaga kesehatan (nakes) yang gugur. Salah satu penyebab banyaknya tenaga kesehatan yang gugur saat bertugas antara lain kurangnya pasokan baju alat pelindung diri (APD) standar WHO yang tersedia. Kondisi ini dinilai cukup memprihatinkan mengingat lonjakan kasus pasien yang terkonfirmasi Covid-19 masih menunjukkan tren kenaikan, baik di seluruh dunia, maupun di Indonesia khususnya. Oleh karena itu, permintaan akan baju APD standar WHO bagi tenaga kesehatan juga mengalami peningkatan. 

Pentingnya baju APD bagi tenaga kesehatan

Jumlah kasus Covid-19 yang terus mengalami peningkatan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia serta angka kasus sekarang ini yang tentunya tidak sebanding dengan jumlah tenaga kesehatan juga baju APD standar WHO yang tersedia mengakibatkan tidak sedikit tenaga kesehatan yang gugur saat menangani pasien Covid-19. Mulai dari dokter, perawat, hingga pekerja pembersih ruangan. 

Menurut laporan dari sejumlah media, tidak sedikit dokter, perawat, dan juga tenaga kesehatan lainnya berusaha menjaga diri mereka dari virus dengan jas hujan sekali pakai. Jas hujan yang dijual di pasaran tentu tidak sebanding dengan baju APD yang memenuhi standar WHO. Bagaimana tidak, tujuan dari alat pelindung tidak lain tidak bukan untuk melindungi para tenaga kesehatan dari paparan infeksi Covid-19. Bahkan, penggunaan APD juga terkadang tidak menjamin mereka terhindar dari paparan virus.

Namun, apa itu alat pelindung diri (APD)?

Dilansir dari WHO itu sendiri, alat pelindung diri atau APD merupakan peralatan yang digunakan untuk mencegah dan mengendalikan infeksi maupun mencegah paparan lebih lanjut dari bakteri dan virus. Peralatan ini biasanya terdiri atas pakaian yang dipakai oleh para tenaga kesehatan untuk mengurangi risiko penularan bakteri maupun virus. Mulai dari sarung tangan, pelindung wajah, hingga baju atau gaun sekali pakai. 

Apabila tenaga kesehatan sedang menangani pasien dengan penyakit penularan yang tinggi, seperti Covid-19, maka alat pelindung diri akan ditambah kapasitasnya. Mulai dari pelindung wajah, sarung tangan, hingga baju pelindung diri. Adapun fungsi dari APD yang digunakan di rumah sakit, yakni untuk menghalangi masuknya zat partikel bebas, berbentuk cairan ataupun gas. Selain itu, APD juga lazim digunakan untuk melindungi pemakainya dari penyebaran infeksi yang dalam kasus ini adalah virus SARS-CoV-2 (Covid-19). 

Jadi, seperti apa baju APD yang memenuhi standar WHO maupun nasional dan aman dipakai oleh tenaga kesehatan?

Dalam upaya penanganan wabah Covid-19 di seluruh dunia maupun di Indonesia, penggunaan baju APD standar WHO oleh tenaga kesehatan yang terlibat langsung dalam penanganan pasien yang sakit, maupun bagi pasien yang telah terkonfirmasi Covid-19 merupakan hal yang sangat penting. Namun, tahukan kamu bahwa baju APD yang akan dikenakan oleh tenaga kesehatan ternyata harus memenuhi standar WHO maupun standar nasional, sehingga diharapkan dapat efektif untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 lebih lanjut khusunya kepada para tenaga kesehatan. 

WHO (World Health Organization) telah menetapkan standarnya melalui sertifikasi ISO 16604 Class 3 yang mampu memiliki ketahanan terhadap masuknya bakteri hingga virus dengan ukuran yang sangat kecil sekalipun. ISO 16604 Kategori kelas 3 ini diyakini berkualitas lebih tinggi dibandingkan tingkat kelas 2 atau ISO 16604 Class 2. Adapun standar yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan RI lewat Direktorat Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Indonesia menyusun standar baju APD dengan syarat telah lulus uji fluid penetration resistant atau blood borne pathogens penetration resistant serta uji partial body protection

Berikut ini beberapa pelindung tubuh yang termasuk dalam baju APD standar WHO untuk penanganan Covid-19, yaitu:

  • Gaun sekali pakai: alat pelindung tingkat pertama dan kedua untuk melindungi bagian depan, lengan, dan setengah kaki penggunanya dari cairan darah atau droplet agar tidak merembes ke tubuh.
  • Coverall medis: alat pelindung tingkat ketiga untuk menutupi tubuh secara keseluruhan. Mulai dari kepala, punggung, sampai mata kaki sehingga lebih aman.
  • Heavy duty apron: dipakai untuk melindungi tubuh bagian depan tenaga kesehatan dan bersifat tahan air.

Oke, tentunya sekarang kamu sudah lebih memahami dong ya mengenai seperti apasih baju APD yang memenuhi standar WHO maupun standar nasional tersebut. Nah, jika kamu memiliki kebutuhan dan keperluan akan baju APD yang memenuhi standar WHO dan nasional tersebut untuk membantu memutus rantai penyebaran Covid-19, kamu bisa langsung nih pesan barangnya di Impero Medika. Gimana sih caranya? caranya mudah banget, kamu bisa berkonsultasi lebih lanjut dengan langsung menghubungi tim sales Impero Medika yang kontaknya tertera di bawah ini atau kamu bisa juga nih untuk langsung datangi kantor Impero Medika.

 

Head Office :

Grand Slipi Tower Lt. 5 Unit F JL. Letjend S. Parman Kav. 22-24 Rt. 001 Rw. 004. Palmerah, Jakarta Barat

WA/Telp :

0812-9821-398

0857 -7646-9206

Email :

sales@imperomedika.com

Read more...

Apa Sih Sebenarnya Isi Tabung Oksigen Itu?

Apa Sih Sebenarnya Isi Tabung Oksigen Itu

Tidak salah sebetulnya jika kamu mengatakan kalau isi dari tabung oksigen itu adalah oksigen; hanya saja, oksigen yang berada di tabung oksigen bukanlah udara yang biasa kamu hirup sehari-hari, karena udara yang biasa kamu hirup sehari-hari mengandung oksigen tetapi juga banyak zat lain seperti debu, nitrogen, karbon dioksida, serbuk sari bunga, dan hidrogen.

Jadi jika udara yang biasa kamu hirup langsung dimasukkan saja ke dalam tabung oksigen tanpa proses apapun, tidak akan ada bedanya antara kamu bernafas biasa dan menggunakan tabung oksigen, padahal tujuan dari menggunakan tabung oksigen adalah untuk menambah kadar oksigen dalam darah, terutama untuk penderita Covid-19. Kadar oksigen di udara yang biasa kamu hirup pun juga jauh lebih sedikit dibanding kadar oksigen dalam tabung.  

Terbuat dari Udara yang Dibersihkan, Dimampatkan, dan Didinginkan

Dapat dibilang isi dari tabung oksigen adalah udara biasa yang sudah melewati proses pembersihan, pemampatan, dan pendinginan.

1. Pembersihan / Proses Pertama

Udara yang biasa kamu hirup sehari-hari mengandung berbagai macam zat polutan kasar seperti debu, polusi, dan serbuk sari bunga yang harus dibersihkan.

Dalam proses pembuatan isi tabung oksigen, sebelum udara luar dipompa ke dalam tabung, udara tersebut dibersihkan melalui penyaringan agar zat-zat polutan kasar tersebut tidak mencemari oksigen yang nantinya akan dipompa ke dalam tabung oksigen.

2. Pemampatan / Proses Kedua

Setelah udara luar bersih dari zat polutan kasar, udara tersebut kemudian dimampatkan atau ditekan menggunakan mesin, untuk menghilangkan sisa zat polutan yang lebih halus seperti karbondioksida dan air.

Dapat dibilang proses pemampatan ini adalah proses penyaringan udara ke-2. Hal ini dilakukan juga agar proses ke-3 yaitu pendinginan, tidak terganggu.

3. Pendinginan / Proses Ketiga

Di tahap ini, udara luar sudah bersih dari zat polutan kasar maupun halus dan hampir siap menjadi isi dari tabung oksigen. Udara kemudian didinginkan ke suhu -173o Celcius agar udara yang sudah bersih ini menjadi cair. Tujuan dari mencairkan udara adalah untuk mendapatkan oksigen murni yang nanti nya akan dipompa menjadi isi dari tabung oksigen.

Proses yang terjadi di pendinginan udara ini adalah, hanya oksigen yang akan menjadi cair sedangkan sisa dari pendinginan udara akan menjadi nitrogen. Oksigen dalam bentuk cair ini kemudian diekstrak dan diproses kembali di mesin agar menjadi oksigen murni dalam bentuk gas yang kemudian menjadi produk final atau isi dari tabung oksigen.  

Jika dibandingkan dengan kadar oksigen yang biasa kamu hirup sehari-hari, udara biasa hanya mengandung sekitar 21% oksigen dan sisanya adalah 78% nitrogen dan 1% zat lain.

Pada tabung oksigen, kadar oksigen berada di angka 95%.

Oleh karena itu, pada dasarnya isi dari tabung oksigen adalah udara biasa yang sudah dimurnikan melalui beberapa proses agar nilai oksigen yang diberikan bisa lebih besar.

Daftar Lengkap Tempat Penyewaan, Pembelian, dan Isi Ulang Tabung Oksigen khusus Daerah Jabodetabek:

Jakarta

Tempat Penjualan, Penyewaan, dan Isi Ulang Tabung Oksigen Jakarta:
  • Oxy 24
    Telepon: 0812-9318-2873
    Alamat: Jl. Balap Sepeda III No.96, RT.5/RW.6, Rawamangun, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13220
Tempat pembelian dan isi ulang tabung oksigen Jakarta:
  • Maju Jaya Gas Oksigen
    Telepon: 0813-1115-2762
    Alamat: Jalan Pondok Ranggon Rt.003 Rw.04 No.29 Kelurahan Pondok Ranggon Kecamatan Cipayung RT.3/RW.4, RT.6/RW.2, Pondok Ranggon, Cipayung, East Jakarta City, Jakarta 13860
    Website: https://majujayagas.business.site/
  • Medical Oxygen Jl. Paso 70
    Telepon: 0812-1018-0121
    Alamat: Jl. Paso No.70, RT.3/RW.6, Jagakarsa, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Tempat penyewaan dan isi ulang tabung oksigen Jakarta:
  • Hikmah Gas Medical Oksigen
    Telepon: (021) 75910775
    Alamat: Jl. Karang Tengah Raya No.49, RT.5/RW.3, Lb. Bulus, Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12440
  • Darul oksigen
    Telepon: 0813-8186-4699
    Alamat: Jl. Haji Saidi I, RT.11/RW.7, Cipete Utara, Kec. Kby. Baru, Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12410
Tempat penjualan tabung oksigen Jakarta:
  • Chandra Medika
    Alamat: Jl. Belibis Terusan No.53 A, RT.9/RW.3, Palmerah, Kec. Palmerah, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11480
Tempat isi ulang tabung oksigen Jakarta:
  • Budhi Oxygen Gas Refill
    Telepon: 0851-0130-1999
    Alamat: Jl. Pramuka Jati No.50, RT.1/RW.8, Paseban, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10440
    Website: https://oxygen-budhi-gas.business.site/
  • UD Abadi Gas (Isi Ulang Oksigen Medical)
    Telepon: 0813-1027-9017
    Alamat: Jl. Raya Bekasi No.KM 18, RT.1/RW.4, Samping, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13250
  • Isi oksigen manggarai
    Telepon: 0812-8610-4747
    Alamat: Jl. Dr. Saharjo No.71, RT.9/RW.8, Ps. Manggis, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12960
  • Azzam Oksigen
    Telepon: 0877-7546-4667
    Alamat: Jl. Industri Raya No.21, RT.13/RW.1, Gn. Sahari Utara, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10720
  • Cahaya Gas Pancoran Tebet
    Telepon: 0813-1686-1318
    Alamat: Jl. Tebet Dalam 1 No.3, RT.1/RW.1, Manggarai Sel., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860
  • CHIKO JAYA
    Telepon: 0813-1000-5226
    Alamat: 10, Jl. Plumpang Semper No.7, RW.2, Rawabadak Sel., Kec. Koja, Kota Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14230

Tangerang

Tempat penjualan, penyewaan, dan isi ulang tabung oksigen Tangerang:
Tempat penjualan dan isi ulang tabung oksigen Tangerang:
  • Kawan Kita Oksigen
    Telepon: 081283392761 (WA) dan 021-7493792 (Telp)
    Alamat: Pertokoan Pamulang Permai Blok SH 10 no 1, Pamulang, Tangerang Selatan
Tempat penyewaan dan isi ulang tabung oksigen Tangerang:
  • Citratama Medical Gas
    Telepon: 08211234488
    Alamat: Jalan Kentang 5/31 Belakang Masjid Al Ikhlas Kel. Cibodasari, Kec. Cibodas, Kota Tangerang
    Website: https://citratama.co.id/
  • Mandiri Medical Gas
    Telepon: 0821-1414-2938
    Alamat: Jl. Cendrawasih Raya No.44, Sawah Lama, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15413
Tempat isi ulang tabung oksigen Tangerang:
  • Apotek dan Alkes 58
    Telepon: 081286253558
    Alamat: Jl. Jendral sudirman ruko modernland blok AR no 32. Tangerang banten.
    Website: https://www.tokopedia.com/alatkesehatan58/isi-ulang-tabung-oksigen
  • Cahaya Gas Ciledug
    Telepon: 0813-1686-1318
    Alamat: Ciledug, Jl. Raden Patah No.85, RT.002/RW.010, Parung Serab, Kec. Ciledug, Kota Tangerang Selatan, Banten 15153
  • PT. Federal Gas Industry
    Telepon: 0856-9442-6468 dan 085641780278
    Alamat: Jl. Cendrawasih Raya No.173, RT.1/RW.1, Sawah Lama, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15413
  • Pro Sehat Isi/Refill Oxygen & Health Equipment Supply
    Telepon: 0813-8281-9318
    Alamat: Jl Kelapa Sawit XI BG 7 No 10, Jl. Sektor Raya No.1B, Pakulonan Bar., Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15811

Bekasi

Tempat isi ulang tabung oksigen Bekasi:
  • DND Gas
    Alamat: Jalan Raya Perjuangan No.1 Depan Kantor Kelurahan Kebalen
    Website: https://www.bukalapak.com/industrial/peralatan-medis-laboratori
  • Amanah Gas
    Telepon: 0878-8043-3640
    Alamat: Jl. Sultan Agung km 28 bekasi kota No.11, RT.003/RW.004, Kali Baru, KEC. Medan satria, Kota Bks, Jawa Barat 17132
  • Fajar sejahtera
    Telepon: 0838-7717-5553
    Alamat: Jn.ra Kartini no 64 rt01 RW 24, RT.003/RW.004, Margahayu, Kec. Bekasi Tim., Kota Bks, Jawa Barat 17113
  • Elyon Jaya Gas
    Telepon: 0812-1075-0802
    Alamat: Jl. Raya Karang Satria No.10-12, Karangsatria, Kec. Tambun Utara, Bekasi, Jawa Barat 17510
  • Mitra Nusantara Medika
    Telepon: 0857-8289-0417
    Alamat: Ruko Sentra Aneka Niaga, RT.006/RW.007, Pejuang, Kecamatan Medan Satria, Kota Bks, Jawa Barat 17131

Depok / Bogor

Tempat penjualan, penyewaan, dan isi ulang tabung oksigen Depok / Bogor:
  • NashMed Oksigen Indonesia
    Telepon: 0895-0531-6132
    Alamat: Jl. Cinere Raya No.110, Cinere, Kec. Cinere, Kota Depok, Jawa Barat 16514
Tempat penyewaan tabung oksigen Depok / Bogor:
  • Sewa tabung oksigen Melati Hills
    Telepon: 0838-1397-3995
    Alamat: Cluster melati hills Blok Lf 6, Duren Mekar, Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat 16516

Tempat isi ulang tabung oksigen Depok / Bogor:

  • Sawangan 13 Refill Oxygen
    Telepon: 0838-1596-8688
    Alamat: Jl. Raya Sawangan No.13, Mampang, Pancoran MAS, Kota Depok, Jawa Barat 16436
  • Depot Isi Ulang Oxygen, Acetiline, Argon, N2, CO2
    Telepon: 0895-3322-57666
    Alamat: Sempu Indah, Jl. H. Tamin Gg. Mandor, RT.03/Rw01/RW.No.99, Cipayung, Kec. Cipayung, Kota Depok, Jawa Barat 16437
  • Isi Ulang Oxygen Cahaya Gas
    Telepon: 0813-1686-1318
    Alamat: RT 002 RW 001 Bojongsari, Jl. Raya Parung, Curug, Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat 16517
  • Bogor Oxsigen
    Telepon: 0821-2408-3993
    Alamat: Jl Otto Iskandardinata No.68 Bogor Timur Jawa Barat 16122
    Website: https://bogoroxygen.business.site/
  • AL ROYAN GAS 1974
    Telepon: 02251-8333917
    Alamat: Jl. Kb. Pedes No.1, RT.06/RW.08, Kedungbadak, Kec. Tanah Sereal, Kota Bogor, Jawa Barat 16164
  • TRIO SEJATI OKSIGEN
    Telepon: 0817-6886-914
    Alamat: Jalan Lawang Gintung No.15 RT.01/RW.08, Lawanggintung Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor, Jawa Barat 16133
    Website: https://oksigentriosejati.business.site/

Dari informasi di atas diharapkan semua pembelian, penyewaan, maupun isi ulang tabung oksigen dilakukan di tempat yang semestinya agar dapat benar-benar membantu orang lain yang membutuhkan oksigen darurat. Seperti contoh: pasien kritis Covid-19 yang kesulitan mendapatkan akses oksigen di berbagai instansi kesehatan karena keterbatasan jumlah barang.

 Jika anda terpaksa melakukan kontak erat karena harus membantu kerabat atau teman yang positif Covid-19 dan membutuhkan alat perlindungan diri agar tidak ikut tertular, Impero Medika menyediakan berbagai macam baju APD, face shield, sarung tangan pelindung, dan lain-lain yang bisa anda pesan melalui kontak di bawah:

Head Office :
Grand Slipi Tower Lt. 5 Unit F JL. Letjend S. Parman Kav. 22-24 Rt. 001 Rw. 004. Palmerah, Jakarta Barat

WA/Telp :
(0811-9213-989)
(0811-9121-398)
(0857-7646-9206)

Email :
sales@imperomedika.com

Read more...

Tips Menjaga Imun Tubuh di Masa Pandemi

Tips Menjaga Imun Tubuh di Masa Pandemi

Menerapkan dan menjaga praktek 5M dengan baik dan benar memang merupakan sebuah keharusan di masa pandemi ini, tetapi semua itu kurang efektif apabila tidak dibarengi dengan pembentukan sistem imun tubuh yang baik.

Pada dasarnya, praktek 5M itu diterapkan sebagai benteng pertama perlindungan tubuh kita agar tidak tertular Covid-19. Hal yang lebih utama sebenarnya adalah bagaimana kita menjaga benteng kedua perlindungan / sistem imun tubuh kita, karena jika benteng pertama sudah tertembus, sistem imun adalah yang berperan sebagai benteng kedua dan benteng terakhir yang menentukan apakah gejala Covid-19 yang kita alami akan ringan atau malah sebaliknya.

Untuk itu, Impero Medika telah menyediakan beberapa tips menjaga imun tubuh di masa pandemi Covid-19 yang sangat simpel dan juga akan sangat bermanfaat untuk kamu, terutama bagi kamu yang memiliki agenda kegiatan padat.

Tips 1: Makan Teratur bagi yang Berkegiatan Padat

Menentukan pola makan yang teratur mungkin merupakan suatu hal yang sulit dilakukan bagi beberapa orang dikarenakan padatnya jadwal kegiatan, namun hal yang sebenarnya menyulitkan adalah memasak dan mengkonsumsi makanan yang berat untuk jam-jam tertentu.

Sebagai contoh, mungkin makan pagi dan makan malam merupakan suatu hal yang sulit dilakukan bagi kamu yang memiliki kegiatan kantor padat hingga tidak sempat menyiapkan sarapan karena mengejar jam masuk kantor, atau tidak sempat makan malam dikarenakan lembur atau sudah terlalu lelah untuk membuat atau membeli makan malam.

Solusi mudahnya sebenarnya adalah dengan selalu menyediakan ‘makanan darurat’ di tas kamu.’Makanan darurat’ yang dimaksud bisa berupa roti jenis apapun dan juga ready-to-eat meal atau makanan yang bisa dimakan cukup dengan memasukannya ke dalam microwave, jika di tempat kegiatan kamu terdapat microwave.

Kedua jenis makanan di atas bisa dibeli kapan saja waktu kamu senggang dan juga tidak memerlukan proses yang akan menghambat kegiatan kamu, karena kamu dapat mengkonsumsinya sambil bekerja atau menunggu sebentar agar makanan matang sendiri.

Intinya adalah, di masa pandemi seperti sekarang ini, makan 3 kali sehari adalah hal yang wajib dilakukan, apapun itu makanannya.

Mengapa? Karena dengan makan rutin 3 kali sehari berarti kita menjaga kesehatan imun kita dengan terus menerus memberikan suplai dan asupan nutrisi untuk sistem imun agar dapat terus bertahan melawan Covid-19, jika virus memang masuk ke dalam tubuh kita.

Tips 2: Rajin Konsumsi Suplemen Vitamin C

Dilansir dari National Institute of Health USA, terdapat beberapa manfaat dari rajin memenuhi kebutuhan harian vitamin C, salah satunya adalah menambah imunitas sel tubuh terhadap Covid-19 dan mengurangi efek dari infeksi serius.

Dikarenakan Covid-19 adalah virus yang terhitung sangat baru, sistem imun dari manusia sangat asing terhadap virus ini, jadi jika tubuh terinfeksi, sistem imun mungkin akan bingung bagaimana cara merespon virus ini dan akan memerlukan pembiasaan terlebih dahulu untuk berusaha menyingkirkan virus ini, kecuali jika kamu sudah melakukan vaksin.

Dengan rajin memenuhi kebutuhan vitamin C harian kamu, berarti kamu sudah menambah imunitas sel tubuh kamu dan juga mengurangi dampak negatif dari infeksi serius yang dapat disebabkan Covid-19, yang mana merupakan virus yang benar-benar asing untuk sistem imun kamu.

Kebutuhan vitamin C harian dari tiap individu berbeda-beda:

  1. Untuk pria dewasa, kebutuhan vitamin C harian adalah 90mg.
  2. Untuk wanita dewasa, kebutuhan vitamin C harian adalah 75mg.
  3. Kebutuhan vitamin C harian untuk wanita dewasa yang sedang menyusui semakin tinggi lagi di angka 120mg.

Sebagai skala, rata-rata suplemen vitamin C yang dijual di pasaran menawarkan kandungan vitamin C yang beragam mulai dari 150mg hingga 1000mg.

Hanya saja, suplemen vitamin C yang sangat disarankan untuk dikonsumsi terutama bagi kamu yang memiliki agenda padat dan sulit mendapatkan asupan nutrisi teratur, adalah Zegavit.

Dilansir dari Halodoc, selain memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, satu kaplet Zegavit setara dengan vitamin dan mineral lain yang biasa didapatkan dari makanan sehari-hari, yang mana berguna untuk mencegah defisiensi gizi secara relatif.

Dengan kata lain, Zegavit bisa menjadi sebuah alternatif untuk menjaga sistem imun kamu, jika masih dirasa sulit untuk makan dengan pola teratur.

Hanya saja, bukan berarti Zegavit kemudian bisa dijadikan pengganti utama asupan makanan karena Zegavit hanya merupakan sebuah sistem pendukung untuk menyuplai nutrisi dan menjaga sistem imun kamu.

Tips 3: Rajin Konsumsi Buah-Buahan

Mengkonsumsi buah-buahan mungkin adalah sebuah alternatif pemenuhan nutrisi lain yang jauh lebih mudah untuk dilakukan bagi kamu yang berkegiatan padat.

Buah-buahan seperti apel, jeruk, atau pisang adalah beberapa contoh buah-buahan yang mudah dibawa kemana saja, bisa dimakan di mana saja tanpa perlu repot, serta memiliki banyak manfaat.

Ketiga buah tersebut mengandung vitamin C yang dapat membantu menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh, meskipun jeruk merupakan buah yang paling banyak kadar vitamin C nya.

Satu buah jeruk mengandung setidaknya 50mg vitamin C, di mana jumlah itu sebenarnya sudah menutupi lebih dari separuh kebutuhan vitamin C harian pria dan wanita dewasa.

Tidak hanya itu, jeruk juga kaya akan serat, vitamin lain, dan energi karena terdapat kandungan karbohidrat, glukosa, dan air juga di dalamnya.

Meskipun apel dan pisang memiliki kadar vitamin C yang jauh lebih rendah dibanding jeruk, kedua buah tersebut tetap memiliki kandungan vitamin C yang akan bermanfaat membantu menjaga kesehatan dan sistem imun tubuh, jadi tidak ada salahnya juga mengkonsumsi kedua buah tersebut.

Manfaat lain dari apel dan pisang adalah kedua buah tersebut merupakan sebuah sumber serat yang sangat baik, yang mana bermanfaat untuk membantu melancarkan buang air besar.

Meski jika dibandingkan antara suplemen vitamin C seperti Zegavit dengan buah-buahan kandungan vitamin dalam buah-buahan tertinggal jauh, poin inti yang ingin disampaikan adalah akan lebih baik lagi jika kamu mengkonsumsi dua-duanya, karena ini bukan soal mana yang lebih baik tapi soal apa yang terbaik dan bermanfaat untuk membantu menjaga sistem imun kamu.

Penting Diingat!

Meskipun yang paling utama adalah menjaga kesehatan sistem imun kita terlebih dahulu, praktek 5M seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dll. juga sama pentingnya untuk diterapkan, karena jika salah satu tidak diterapkan dengan baik, kamu tetap dapat tertular Covid-19.

Jika kamu sekarang sedang mencari masker yang tidak bikin sakit di telinga tapi juga bisa memberi kamu perlindungan ekstra dari virus di udara / aerosols, kamu bisa hubungi tim sales kami di bawah. Kami juga menyediakan beberapa alat perlindungan lain yang bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan tim kami. 

Kontak kami:

Head office: Grand Slipi Tower Lt. 5 Unit F JL. Letjend S. Parman Kav. 22-24 Rt. 001 Rw. 004. Palmerah, Jakarta Barat

Email: sales@imperomedika.com 

Phone/WhatsApp: 0811-1099-009 / 0857-7646-9206

Read more...

Pakaian Hazmat si Pelindung Tenaga Medis

Baju Hazmat

Di masa pandemi seperti saat ini, tentunya membuat banyak dari kalian semakin awas dengan kesehatan diri bahkan mungkin sampai dengan alat-alat perlindungan diri yang membuat kalian selalu merasa aman dari berbagai macam virus. Alat pelindung diri (APD) sendiri memiliki banyak macam, salah satunya ialah pakaian hazmat. Apa sih pakaian hazmat itu?

Pakaian hazmat, merupakan singkatan dari “Hazardous Material Suit” yang dimana alat ini di design khusus untuk melindungi tenaga medis dari bahan atau zat yang berbahaya seperti bahan kimia dan biological agents. Tidak hanya itu, hazmat juga digunakan oleh tenaga medis saat merawat pasien dengan diagnosis penyakit yang bisa menular, saat melakukan kontak lansung, seperti pasien terinfeksi virus corona. Penggunaan APD atau jas hazmat biasanya dilengkapi dengan kacamata, sarung tangan dan jas berbahan khusus.

Selain itu, pakaian hazmat juga dikenal dengan nama pakaian dekomintasi, yang dimana dapat diartikan sebagai pakaian perlindungan pribadi dan terdiri dari bahan yang permeabel sehingga dapat digunakan untuk proteksi melawan material berbahaya. Pakaian hazmat ini juga biasanya dilengkapi dengan alat bantu pernapasan mandiri untuk memastikan yang menggunakannya mendapat pasokan udara untuk bernafas.

Umumnya hazmat digunakan oleh pemadam kebakaran, teknisi medis darurat, paramedis, peneliti, petugas yang bereaksi atas kebocoran material berbahaya, tenaga ahli yang membersihkan daerah terkontaminasi, dan pekerja di lingkungan yang beracun.

 

Impero Medika sebagai salah satu penyedia pakaian hazmat

Dalam menghadapi corona virus seperti saat ini, ketersediaan alat pelindung diri (APD), seperti hazmat tentunya sangat di perlukan oleh tenaga medis. Banyaknya orang yang mengidap corona virus menjadikan alat pelindung diri (APD) sebagai kebutuhan utama tenaga medis dalam merawat pasien. Penggunaan alat-alat Kesehatan tentunya sangat dibutuhkan oleh sebagian besar Rumah Sakit, terutama pada masa pandemic seperti saat ini. Impero Medika merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang produksi alat-alat Kesehatan.

Produk Impero Medika tentunya menggunakan bahan yang terbaik dan sudah terdaftar resmi oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (KEMENKES) serta sudah memiliki surat keterangan dari Kementrian Perindustrian Republik Indonesia dalam memproduksi alat Kesehatan.

Jika kamu memiliki kebutuhan dan keperluan APD, seperti hazmat untuk membantu memutus penyebaran Coronavirus, dan memberikannya kepada orang yang tepat, silahkan hubungi tim kami untuk berkonsultasi :

Head Office :
GD. Grand Slipi Tower Lt. 5 Unit F JL. Letjend S. Parman Kav. 22-24 Rt. 001 Rw. 004. Palmerah, Jakarta Barat
WA/Telp :
0812-9821-398
0857 -7646-9206
Email :
sales@imperomedika.com

 

Kenapa pakaian hazmat dapat melindungi tubuhmu?

Tahukah kalian kalau pakaian hazmat sengaja di design rapat agar kedap, sehingga kemungkinan zat berbahaya tidak bisa mengenai kulit. Terbuat dari apakah pakaian hazmat? bagi kalian yang belum mengetahui terbuat dari apa pakian hazmat itu, pakaian ini terbuat dari plastik, kain, dan karet khusus. Selain itu, ada juga pakaian hazmat yang dilengkapi sumber oksigen.

Pakaian ini digunakan menutupi pakaian normal seseorang, kemudian dipastikan rapat dan tidak ada celah. Bagian pergelangan tangan, kaki, leher, dan pinggang benar-benar tertutup. Perlu kamu ketahui, di Amerika Serikat, pakaian hazmat sendiri terdiri dari empat jenis pakaian yang berbeda, mulai dari level A sampai D dan berikut fungsi dari pakaian hazmat untuk para tenaga medis.

Hazmat level A

Pakaian hazmat dengan level A ini dapat dikatakan memiliki perlindungan yang paling tinggi. Pakaian hazmat dengan level A ini bisa melindungi pemakainya dari uap, gas, kabut, dan partikel berbahaya. Pakaian hazmat dengan level A, menggabungkan alat bantu pernapasan dan radio dua arah. Sehingga, pakaian hazmat level A dapat digunakan untuk lingkungan dengan kondisi yang sangat berbahaya.

Hazmat level B

Kemudian pakaian hazmat dengan level B, dapat memberikan perlindungan dari bahan kimia dengan sarung tangan yang memberikan perlindungan dari cairan. Akan tetapi, pakaian hazmat dengan level B ini tidak kedap udara dan dilengkapi dengan alat pernapasan. Umumnya pakaian hazmat dengan level B ini digunakan untuk tingkat perlindungan yang lebih rendah pun sudah cukup.

Hazmat level C

Pakaian hazmat dengan level C ini, memiliki bahan yang kurang lebih hamper sama dengan pakaian hazmat level B. Pakaian hazmat dengan level C ini dapat kamu pakai dengan peralatan perlindungan pernapasan tambahan dan biasanya pakaian hazmat dengan level C ini digunakan oleh tenaga medis untuk mendekontaminasi atau menghilangkan kotoran dari pasien maupun korban.

Hazmat Level D

Kemudian level terakhir untuk pakaian hazmat berdasarkan tingkatan level pakaian hazmat di Amerika Serikat, ialah level D. Pakaian hazmat dengan level D ini dapat melindungi tubuh kamu.Akan tetapi, pakaian hazmat dengan level D ini tidak memiliki perlindungan dari paparan kimia. Sehingga biasanya para tenaga medis yang memakainya pun harus menggunakan sepatu dan penutup wajah khusus.

Tentunya sekarang kamu sudah lebih memahami dong mengenai pakaian hazmat dan level-levelnya. Nah, jika kamu memiliki kebutuhan dan keperluan APD untuk membantu memutus penyebaran Coronavirus atau ingin berkonsultasi lebih lanjut, kamu bisa nih langsung pesan APD di Impero Medika. Gimana sih cararanya?, caranya mudah banget, kamu bisa langsung hubungi tim sales Impero Medika ya atau kamu bisa juga nih langsung datangi kantor Impero Medika.

Head Office :
GD. Grand Slipi Tower Lt. 5 Unit F JL. Letjend S. Parman Kav. 22-24 Rt. 001 Rw. 004. Palmerah, Jakarta Barat
WA/Telp :
0812-9821-398
0857 -7646-9206
Email :
sales@imperomedika.com

 

Read more...

Bisakah Faceshield Melindungi dari Corona?

Faceshield Mika

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah “Ya” dan “Tidak”. ‘Ya’ jika faceshield digunakan bersama dengan masker KN95 atau masker medis dan ‘Tidak’ jika faceshield digunakan tanpa dibarengi dengan pemakaian masker KN95 atau masker medis. 

Ibarat menggunakan faceshield tanpa masker adalah, jika seseorang yang menderita Covid-19 bersin atau batuk di sekitarmu,  aerosols / droplet kecil dari penderita tersebut tetap akan masuk ke dalam tubuhmu saat kamu bernapas karena faceshield tidak memberikan perlindungan tertutup seperti masker dan hanya melindungimu dari droplet besar seperti dahak, ingus, atau cairan tubuh lain yang bisa dilihat mata, bukan aerosols yang mikroskopik. 

Jadi faceshield yang tidak dibarengi dengan pemakaian masker tidak akan melindungimu dari virus apapun, apalagi Covid-19.

Seperti dilansir dari Central for Disease Control, kegunaan dari faceshield bukanlah sebagai media pengganti masker dan sangat disarankan agar pemakaian faceshield dibarengi juga dengan pemakaian masker karena faceshield hanya memberikan perlindungan 2% dari aerosols / droplet kecil, sedangkan masker KN95 (klaimnya) dapat memberikan perlindungan hingga 95% dan masker medis 59%.

Jadi jika kamu menggabungkan pemakaian faceshield dengan masker KN95 perlindungan yang didapat baik dari aerosols maupun droplet besar dipastikan hampir 100% dan kamu berhasil melindungi dirimu dari Covid-19

Bagaimana jika Kita Hanya Memakai Masker Saja?

Mungkin memang himbauan yang ramai beredar adalah untuk mendobel pemakaian masker medis dengan masker kain dan bukan dengan faceshield untuk meningkatkan perlindungan dari Covid-19. Padahal akan lebih baik lagi apabila semua digunakan.

Jika masker medis digabungkan dengan masker kain memang akan menghasilkan perlindungan hingga 85%, hanya saja terdapat beberapa kelebihan dari memakai faceshield yang dibarengi dobel masker:

  • Faceshield otomatis membuat pengguna lebih jarang memegang mata atau muka karena ada faceshield yang menghalangi, sehingga meminimalisir kemungkinan tertular.
  • Masker akan melindungi agar virus tidak masuk melalui hidung/pernapasan, tetapi faceshield akan melindungi agar virus tidak masuk melalui mata ataupun muka. Jadi menggabungkannya akan jauh lebih efektif daripada hanya memakai salah satu.

Intinya, gunakanlah alat perlindungan yang ada jika ingin penyebaran virus berkurang karena selain berfungsi sebagai alat pelindung diri sendiri, faceshield dan masker juga merupakan alat pelindung bagi orang lain agar semisal kamu membawa virus, tidak menulari orang lain.

Faceshield Mika

Di Mana Kamu dapat Membeli Faceshield?

Faceshield sudah banyak tersedia di berbagai platform niaga online seperti Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak. Impero Medika juga sudah menyediakan layanan online untuk pembelian dan pengantaran produk faceshield.

Tidak hanya faceshield, Impero Medika juga menyediakan masker medis 3 ply sebagai pelengkap yang tidak hanya bisa memberikan perlindungan dari virus di udara tetapi juga tidak membuat sesak. Selain itu, Impero Medika juga menyediakan alat perlindungan diri lengkap mulai dari baju APD jenis apapun, cover boots medis, hand sanitizer 5 liter, dan masih banyak lagi.

Untuk melakukan pemesanan / konsultasi silahkan hubungi kontak di bawah:

Head Office :

Gd. Grand Slipi Tower Lt. 5 Unit F JL. Letjend S. Parman Kav. 22-24 Rt. 001 Rw. 004. Palmerah, Jakarta Barat

WA/Telp :

0811-1099-009

0811-9121-398

0857-76469-206

Email :
sales@imperomedika.com

Read more...