Departments

Learn more about our departments

Apa Itu Sarung Tangan Nitril?

Sarung tangan nitril adalah sarung tangan medis berbahan dasar karet sintetis ‘nitril’, dan merupakan alternatif dari sarung tangan biasa berbahan dasar karet / lateks. Sarung tangan nitril umumnya berwarna biru dan juga jauh lebih kuat dibanding sarung tangan lateks. Tidak hanya bisa digunakan sebagai sarung tangan medis, sarung tangan nitril juga biasa digunakan sebagai alat pelindung dari zat kimia keras.

Alasan mengapa sarung tangan nitril dijadikan alternatif dari sarung tangan lateks adalah karena banyaknya pengguna sarung tangan lateks yang mengeluhkan kenyamanan dan kualitas pemakaiannya.

Beberapa keluhan dari pengguna sarung tangan lateks ialah, kerap menimbulkan iritasi di tangan karena bahan karet/lateks murninya, dan juga lengket ketika dikenakan terlalu lama karena bubuk pada sarung tangan lateks bercampur dengan keringat.

Jika anda perhatikan, sarung tangan lateks umumnya berbubuk–dan terkadang sangat banyak. Bubuk tersebut adalah tepung jagung, di mana tepung ini digunakan agar sarung tangan lateks tidak saling menempel di dalam box pembungkusnya. 

lateks/karet adalah bahan alami yang bisa melekat satu sama lainnya apabila terekspos suhu yang panas. Sehingga peran tepung jagung di sini adalah untuk menyerap partikel lateks agar sarung tangan tidak saling melekat dalam box wadahnya ketika tidak sengaja terekspos sinar matahari atau suhu panas lainnya.

Apa Perbedaan Umum Sarung Tangan Nitril dan Lateks Biasa?

Sarung tangan nitril biasanya berwarna biru sedangkan sarung tangan lateks berwarna putih transparan.

Umumnya, sarung tangan nitril juga tidak berbubuk seperti sarung tangan lateks dikarenakan bahan utama yang digunakan, yaitu nitril. Nitril adalah karet sintetis non-lateks yang terbuat dari campuran bahan alternatif seperti acrylonitrile dan butadiene. Kedua bahan tersebut adalah bahan yang juga digunakan dalam pembuatan plastik. 

Karena tidak mengandung lateks, sarung tangan nitril tidak perlu ditambahi bubuk karena tidak akan melekat satu sama lainnya dalam box wadah ketika terekspos panas dari sinar matahari. Hal ini juga karena campuran acrylonitrile dan butadiene dalam pembuatan nitril memiliki ketahanan terhadap suhu tinggi lebih baik dibanding lateks biasa.

Campuran dari kedua bahan tersebut juga membuat sarung tangan nitril 2x lebih kuat dibanding sarung tangan lateks biasa. Selain lebih tahan panas, sarung tangan nitril lebih tahan dari benda tajam, bahan kimia keras, dan juga patogen seperti virus dan bakteri. Itulah mengapa, sarung tangan nitril tidak hanya efektif untuk dijadikan alternatif sarung tangan medis tetapi juga sarung tangan pelindung dari bahan kimia berbahaya, di mana sarung tangan lateks kurang dapat memberikan perlindungan.

Sarung Tangan Nitril

Mengapa Sarung Tangan Nitril Berwarna Biru?

Jawabannya simpel, agar sarung tangan nitril dapat dibedakan dengan sarung tangan lateks biasa. Dilansir dari Hourglass International, bahkan warna sarung tangan nitril sekarang tidak terbatas hanya biru saja tetapi bisa merah, orange, abu-abu, hingga pink.

Sarung tangan lateks mendapatkan warna putih alami dari bahan dasarnya, karet / lateks. Sedangkan sarung tangan nitril yang berbahan dasar karet sintetis, dapat diwarnai sesuai permintaan pasar.

Warna merah dan abu-abu untuk sarung tangan nitril contohnya umum digunakan di laboratorium. Selain untuk membedakan dengan warna sarung tangan latex biasa, laboran kerap menggunakan sarung tangan nitril berwarna merah dan abu-abu agar semisal ada lubang di sarung tangan, lubang tersebut dapat terlihat dengan jelas sehingga menghindari terjadi kebocoran / kecelakaan kerja.

Satu hal yang disayangkan dari kebanyakan sarung tangan nitril adalah harganya cenderung lebih mahal dibanding sarung tangan lateks biasa.  Semakin kesini, harga sarung tangan nitril semakin mendekati harga sarung tangan lateks biasa agar produk tetap kompetitif. Impero Medika menyediakan jasa suplai sarung tangan nitril dengan harga yang kompetitif dalam partai besar maupun kecil untuk pemakaian pribadi maupun instansi kesehatan.

Tidak hanya sarung tangan nitril, kami juga menyediakan berbagai macam sarung tangan berbahan dasar lateks dan lateks premium untuk baju APD maupun non-APD. Untuk melakukan pemesanan / konsultasi, silahkan hubungi kontak di bawah:

Alamat: GD. Grand Slipi Tower Lt. 5 Unit F JL. Letjend S. Parman Kav. 22-24 Rt. 001 Rw. 004. Palmerah, Jakarta Barat

Telp / WA:

Email: sales@imperomedika.com

 

Share this post