Departments

Learn more about our departments

Cari Tahu Lebih Lanjut Yuk, Mengenai Pakaian Hazmat si Pelindung Tenaga Medis

Non Woven Polypropilne

Dimasa pandemic seperti saat ini, tentunya membuat banyak dari kalian semakin aware dengan Kesehatan diri bahkan mungkin samapai dengan alat-alat perlindungan diri yang membuat kalian selalu merasa aman dari berbagai macam virus. Alat pelindung diri (APD) sendiri meiliki banyak macam, salah satunya ialah pakaian hazmat. Apa sih pakaian hazmat itu?

Pakaian hazmat, merupakan singkatan dari “Hazardous Material Suit” yang dimana alat ini di design khusus untuk melindungi tenaga medis dari bahan atau zat yang berbahaya seperti bahan kimia dan biological agents. Tidak hanya itu, hazmat juga digunakan oleh tenaga medis saat merawat pasien dengan diagnosis penyakit yang bisa menular, saat melakukan kontak lansung, seperti pasien terinfeksi virus corona. Penggunaan APD atau jas hazmat biasanya dilengkapi dengan kacamata, sarung tangan dan jas berbahan khusus.

Selain itu, pakaian hazmat juga dikenal dengan nama pakaian dekomintasi, yang dimana dapat diartikan sebagai pakaian perlindungan pribadi dan terdiri dari bahan yang permeabel sehingga dapat digunakan untuk proteksi melawan material berbahaya. Pakaian hazmat ini juga biasanya dilengkapi dengan alat bantu pernapasan mandiri untuk memastikan yang menggunakannya mendapat pasokan udara untuk bernafas.

Umumnya hazmat digunakan oleh pemadam kebakaran, teknisi medis darurat, paramedis, peneliti, petugas yang bereaksi atas kebocoran material berbahaya, tenaga ahli yang membersihkan daerah terkontaminasi, dan pekerja di lingkungan yang beracun.

 

Impero Medika sebagai salah satu penyedia pakaian hazmat

Dalam menghadapi corona virus seperti saat ini, ketersediaan alat pelindung diri (APD), seperti hazmat tentunya sangat di perlukan oleh tenaga medis. Banyaknya orang yang mengidap corona virus menjadikan alat pelindung diri (APD) sebagai kebutuhan utama tenaga medis dalam merawat pasien. Penggunaan alat-alat Kesehatan tentunya sangat dibutuhkan oleh sebagian besar Rumah Sakit, terutama pada masa pandemic seperti saat ini. Impero Medika merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang produksi alat-alat Kesehatan.

Produk Impero Medika tentunya menggunakan bahan yang terbaik dan sudah terdaftar resmi oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (KEMENKES) serta sudah memiliki surat keterangan dari Kementrian Perindustrian Republik Indonesia dalam memproduksi alat Kesehatan.

Jika kamu memiliki kebutuhan dan keperluan APD, seperti hazmat untuk membantu memutus penyebaran Coronavirus, dan memberikannya kepada orang yang tepat, silahkan hubungi tim kami untuk berkonsultasi :

Head Office :
GD. Grand Slipi Tower Lt. 5 Unit F JL. Letjend S. Parman Kav. 22-24 Rt. 001 Rw. 004. Palmerah, Jakarta Barat
WA/Telp :
0812-9821-398
0857 -7646-9206
Email :
sales@imperomedika.com

 

Kenapa pakaian hazmat dapat melindungi tubuhmu?

Tahukah kalian kalau pakaian hazmat sengaja di design rapat agar kedap, sehingga kemungkinan zat berbahaya tidak bisa mengenai kulit. Terbuat dari apakah pakaian hazmat? bagi kalian yang belum mengetahui terbuat dari apa pakian hazmat itu, pakaian ini terbuat dari plastik, kain, dan karet khusus. Selain itu, ada juga pakaian hazmat yang dilengkapi sumber oksigen.

Pakaian ini digunakan menutupi pakaian normal seseorang, kemudian dipastikan rapat dan tidak ada celah. Bagian pergelangan tangan, kaki, leher, dan pinggang benar-benar tertutup. Perlu kamu ketahui, di Amerika Serikat, pakaian hazmat sendiri terdiri dari empat jenis pakaian yang berbeda, mulai dari level A sampai D dan berikut fungsi dari pakaian hazmat untuk para tenaga medis.

Hazmat level A
Pakaian hazmat dengan level A ini dapat dikatakan memiliki perlindungan yang paling tinggi. Pakaian hazmat dengan level A ini bisa melindungi pemakainya dari uap, gas, kabut, dan partikel berbahaya. Pakaian hazmat dengan level A, menggabungkan alat bantu pernapasan dan radio dua arah. Sehingga, pakaian hazmat level A dapat digunakan untuk lingkungan dengan kondisi yang sangat berbahaya.

Hazmat level B
Kemudian pakaian hazmat dengan level B, dapat memberikan perlindungan dari bahan kimia dengan sarung tangan yang memberikan perlindungan dari cairan. Akan tetapi, pakaian hazmat dengan level B ini tidak kedap udara dan dilengkapi dengan alat pernapasan. Umumnya pakaian hazmat dengan level B ini digunakan untuk tingkat perlindungan yang lebih rendah pun sudah cukup.

Hazmat level C
Pakaian hazmat dengan level C ini, memiliki bahan yang kurang lebih hamper sama dengan pakaian hazmat level B. Pakaian hazmat dengan level C ini dapat kamu pakai dengan peralatan perlindungan pernapasan tambahan dan biasanya pakaian hazmat dengan level C ini digunakan oleh tenaga medis untuk mendekontaminasi atau menghilangkan kotoran dari pasien maupun korban.

Hazmat Level D
Kemudian level terakhir untuk pakaian hazmat berdasarkan tingkatan level pakaian hazmat di Amerika Serikat, ialah level D. Pakaian hazmat dengan level D ini dapat melindungi tubuh kamu.Akan tetapi, pakaian hazmat dengan level D ini tidak memiliki perlindungan dari paparan kimia. Sehingga biasanya para tenaga medis yang memakainya pun harus menggunakan sepatu dan penutup wajah khusus.

Tentunya sekarang kamu sudah lebih memahami dong mengenai pakaian hazmat dan level-levelnya. Nah, jika kamu memiliki kebutuhan dan keperluan APD untuk membantu memutus penyebaran Coronavirus atau ingin berkonsultasi lebih lanjut, kamu bisa nih langsung pesan APD di Impero Medika. Gimana sih cararanya?, caranya mudah banget, kamu bisa langsung hubungi tim sales Impero Medika ya atau kamu bisa juga nih langsung datangi kantor Impero Medika.

Head Office :
GD. Grand Slipi Tower Lt. 5 Unit F JL. Letjend S. Parman Kav. 22-24 Rt. 001 Rw. 004. Palmerah, Jakarta Barat
WA/Telp :
0812-9821-398
0857 -7646-9206
Email :
sales@imperomedika.com

 

Share this post