Departments

Learn more about our departments

Penggunaan Baju APD Bagi Para Tenaga Medis

Mudahnya coronavirus penyebab Covid-19 menyebar dan menular ini tentunya membuat penggunaan alat pelindung diri (APD) sangat diperlukan, guna mencegah atau meminimalisir penyebaran dari infeksi coronavirus. Khususnya bagi para tenaga medis yang memiliki intensitas lebih tinggi untuk bertemu dengan pasien.

Alat Pelindung Diri (APD) adalah alat yang mempunyai kemampuan dalam melindungi seseorang ketika mereka melakukan pekerjaan serta memiliki fungsi untuk mengisolasi tubuh para tenaga medis dari bahaya di tempat kerja.

Penggunaan alat pelindung diri (APD) ini tentunya dapat mencegah dan mengurangi risiko kecelakaan kerja. Namun, alangkah baiknya apabila semua perlengkapan APD harus memnuhi standar dan persyaratan yang berlaku, seperti bersih, pas, dan nyaman dikenakan oleh pekerja, serta harus diganti secara berkala jika sudah tidak berfungsi dengan baik dan sudah habis masa pakainya.

APD terbagi menjadi berapa kategori sih?

Bila diambil berdasarkan pengertiannya, alat pelindung diri (APD) ini dapat dibagi menjadi dua kategori. Apa saja sih kategorinya?, yuk cari tahu lebih lanjut.

  • Kategori pertama yaitu, alat pelindung diri (APD) untuk keselamatan industry. APD ini umumnya digunakan untuk upaya pencegahan kecelakaan kerja.
  • Kategori kedua yaitu,¬† alat pelindung diri (APD) untuk Kesehatan industry. APD ini umumnya digunakan untuk upaya pencegahan terhadap Kesehatan, seperti timbulnya suatu penyakit

Baju APD untuk Covid-19

Dalam kondisi ini World Healt Organization (WHO) mengarahkan tentang penggunaan alat pelindung diri (APD), mengenai apa saja yang harus digunakan dalam penanganan Covid-19 untuk berbagai kondisi.

Pasalnya, Covid-19 ini sangat mudah menyebar melalui cairan tubuh penderita, tetesan pernapasan dan dapat bertransmisi melalui kontak dengan permukaan atau objek yang terinfeksi dan kemudian menyentuh area wajah sehingga hal tersebutlah yang mendasari penggunaan alat pelindung diri (APD), khususnya untuk tenaga medis yang melakukan hubungan langsung dengan pasien.

Umumnya ketika para tenaga medis menangani pasien, mereka harus menggunakan APD lengkap berupa baju APD, masker atau respirator, goggles, masker KN95, pelindung sepatu dan alat pelindung diri lainnya yang tentunya disesuaikan dengan jenis aktivitasnya.

  • Baju APD sekali pakai, material yang dimiliki oleh baju APD sekali pakai ini harus memiliki ketahanan terhadap penetrasi cairan berdasarakan satndar EN 13795.
  • Baju APD terusan sekali pakai (coverall), baju APD terusan sekali pakai (coverall) harus memiliki material yang lolos uji resistensi terhadap penetrasi darah dan cairan tubuh berdasarkan ISO 16603.
  • Setelan baju operasi (surgical scrubs)

Celemek anti air ataupun celemek tugas berat ini terbuat dari 100% polyester dengan lapisan PVC atau 100% PVC, atau dilapisi bahan tahan air lainnya.

Apa sih fungsi baju APD untuk tenaga medis

Baju APD, sebenarnya lebih tepat jika disebut sebagai salah satu perlengkapan APD selain pelindung diri seperti, kacamata dan pelindung muka, sarung tangan, sepatu-pelindung sepatu dan penutup kepala. Penggunaan baju APD untuk para tenaga medis merupakan hal yang wajib, apalagi mengingat berbahayanya virus ini bila terpapar secara langsung. Berikut fungsi baju APD untuk para tenaga medis.

Penutup kepala
Penggungaan pelindung kepala tentunya sangat perlu dilakukan agar berbagai jenis cairan tidak mengenai bagian wajah maupun menempel di rambut. Selain itu, fungsi penutup kepala dari baju APD ini juga berfungsi mengurangi kontaminasi dengan mikroorganisme yang mewabah di udara.

Pelindung Wajah
Banyakanya pasien corona mempunyai gejala seperti flu dan batuk, maka penggunaan pelindung wajah seperti kacamata goggles atau face shield tentunya dapat melindungi penularan dari pasien yang memiliki gejala tersebut, sehingga keamanan para tenaga medis pun terjaga.

Sarung Tangan
Sarung tangan dipakai agar tenaga medis tidak terkena infeksi virus dan Covid-19, karena ketika melakukan perawatan pasien, tenaga medis tentunya akan saling bersentuhan.

Baju pelindung/ Baju APD
Baju pelindung/ baju APD yang digunakan untuk menutup seluruh tubuh para tenaga medis ini menyerupai baju astronot dan sangan berguna untuk menghindari percikan darah maupun cairan lainnya seperti gejala flu dan batuk.

Sepatu Boot
Penggunaan sepatu boot ini sangat tepat digunakan dalam melakukan mobilitas para tenaga medis agar tidak terkena dengan cairan dan virus yang ada di lantai.

Baju APD tidak hanya dipakai di dalam rumah sakit. Namun, penggunaan baju APD juga dapat dipakai ketika para tenaga medis keluar seperti saat menjemput pasien maupun ketika menguburkan pasien meninggal.

Jika Anda memiliki kebutuhan dan keperluan APD untuk membantu memutus penyebaran Covid-19, dan memberikannya kepada orang yang tepat, silahkan hubungi  tim kami untuk berkonsultasi :

Head Office :
GD. Grand Slipi Tower Lt. 5 Unit F JL. Letjend S. Parman Kav. 22-24 Rt. 001 Rw. 004. Palmerah, Jakarta Barat
WA/Telp :
0812 9821 398
0857 7646 9206

Email :
sales@imperomedika.com

Share this post